Terkumpul Rp 239 Juta, Sri Mulyani Serahkan Hasil Lelang Barang Pejabat buat Sekolah


Liputan6.comLiputan6.com

02 Mei 2018, 20:10 WIB

12

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu melelang sejumlah barang milik pejabat di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat pada Rabu (28/2/2018). (Fiki/Liputan6.com)

Perbesar

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu melelang sejumlah barang milik pejabat di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat pada Rabu (28/2/2018). (Fiki/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyerahkan hasil lelang barang pejabat negara sebesar Rp 239 juta kepada Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif dan Kemitraan Masyarakat (YAPPIKA ActionAid).


Penyerahan hasil lelang tersebut merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan lelang dan penjualan sukarela dalam rangka peringatan 110 Tahun Lelang Indonesia.


"Hasil lelang yang diberikan tadi sebesar Rp 239 juta nanti akan diberikan kepada pembangunan dua ruang belajar SDN Cipinang 3 Bogor kelas jauh sesudah dikurangi dengan biaya lelang. Dan memang diputuskan waktu itu kita ingin menyumbang kepada YAPPIKA," ujarnya di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (2/5/2018).


Penyerahan ini merupakan upaya membangun sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat guna mewujudkan pendidikan di lndonesia yang unggul, berdaya saing, dan sejajar dengan negara maju.


Hasil yang diperoleh dari hasil lelang dan penjualan sukarela tersebut adalah uang masyarakat yang disumbangkan dan tidak terkait dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.


"Dalam perkembangannya, fungsi lelang di lndonesia menjadi semakin penting. Bukan hanya menghimpun PNBP berupa bea lelang, melainkan juga menjadi salah satu sarana penegakan hukum, penurunan rasio kredit bermasalah di bidang perbankan, dan dalam konteks yang lebih besar lelang menjadi bagian dari perekonomian Indonesia yang lebih maju," jelasnya.


Penyerahan hasil lelang dan penjualan sukarela tersebut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, pejabat eselon I partisipan lelang, aktor Reza Rahadian sebagai Duta YAPPIKA-ActionAid, perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, serta perwakilan SDN Cipinang 3 Bogor, Jawa Barat.


 


Reporter: Anggun P. Situmorang


Sumber: Merdeka.com

Tag :