VictoryNews - Reza Rahadian Hadiri Peresmian SDN Rajaka di Sumba Barat

Diterbitkan pada Kamis, 02 Juni 2022

WAIKABUBAK, VICTORY  NEWS-Reza Rahadian, aktor sekaligus Duta Persahabatan YAPPIKA - ActionAid (Kiri) saat menghadiri peresmian SDN Rajaka di Kabupaten Sumba Barat, NTT, Sabtu (28/5/2022)  (Dok.YAPPIKA-ActionAid)

WAIKABUBAK, VICTORY NEWS-Reza Rahadian, aktor sekaligus Duta Persahabatan YAPPIKA - ActionAid hadir saat peresmian SDN Rajaka di Kabupaten Sumba Barat, NTT, Sabtu (28/5/2022) dan melihat langsung perbaikan ruang kelas yang telah dilakukan di tahun 2019 lalu.

Perbaikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Barat di tahun 2019 ini juga dari hasil advokasi bersama antara komunitas sekolah SDN Rajaka, Yayasan Bahtera dan YAPPIKA-ActionAid.

SDN Rajaka diresmikan sebagai Rintisan Sekolah Inklusif oleh Plt Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Sumba Barat, Yermias Ndapa Doda.

Sekolah ini hadir sebagai percontohan sekolah di Sumba Barat yang memfasilitasi kebutuhan anak disabilitas, mengupayakan bantuan PIP bagi siswa kurang mampu, dan mengembangkan kebun gizi di lahan sekolah.

Selain hadir di SDN Rajaka, Reza Rahadian juga berkunjung ke SDN Palamoko. SDN Rajaka dan Palamoko merupakan 2 dari 10 sekolah dampingan YAPPIKA - ActionAid di Kabupaten Sumba Barat melalui Program Sekolah Aman.

Sejak tahun 2018 YAPPIKA - ActionAid bekerja sama dengan Yayasan Bahtera berhasil melakukan advokasi perbaikan infrastruktur di 9 sekolah dasar negeri, menguatkan peran komunitas sekolah dalam mendampingi orang tua siswa dalam mengakses PIP/KIP, melakukan upaya dalam perbaikan perbaruan DAPODIK, melakukan advokasi anggaran dalam upaya menaikkan alokasi anggaran infrastruktur pendidikan di tingkat kabupaten dan nasional, serta berhasil mendorong berfungsinya SP4N/LAPOR!

Reza sebelumnya juga menceritakan kondisi SDN Palamoko saat jamuan makan malam di Rumah Dinas Bupati Sumba Barat di Waikabubak, Jumat malam (27/5/2022).

Kondisi sekolah ini, kata Reza, mengalami keterbatasan infrastruktur, ruang kelas rusak, tidak terjangkau aliran listrik, akses air juga terkendala.


Artikel ini telah tayang di VictoryNews pada 29 Mei 2022 dengan judul yang sama